
Ingin Link Grup Whatsapp Anda Disini, Klik Contact Ya
Ingin Nambah Subscribe, Klik Contact Ya
Ingin Nambah Follower IG, Klik Contact Ya
Bahasa Inggris adalah bahasa utama dalam komunikasi antarbangsa
dan pergaulan dunia. Makin datarnya dunia dengan perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi menyebabkan pergaulan tidak dapat lagi dibatasi oleh
batas-batas negara. Kurikulum 2013 menyadari peran penting bahasa Inggris
tersebut. Kurikulum 2013 dirancang untuk menyongsong model pembelajaran abad
21. Di dalamnya terdapat pergeseran pembelajaran dari siswa diberitahu menjadi siswa
mencaritahu dari berbagai sumber belajar melampaui batas guru dan satuan pendidikan. Peran bahasa Inggris dalam model pembelajaran seperti itu menjadi sangat
sentral mengingat lebih banyak sumber belajar yang menggunakan bahasa Inggris
dibandingkan bahasa lainnya.
Sejalan dengan peran di atas, pembelajaran bahasa Inggris untuk
SMP/MTs Kelas IX ini disusun untuk meningkatkan kemampuan berbahasa para siswa.
Penyajiannya menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis teks, baik lisan
maupun tulis, dengan menempatkan bahasa Inggris sebagai sarana berkomunikasi.
Pemahaman terhadap jenis, kaidah dan konteks suatu teks ditekankan sehingga
memudahkan siswa menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun
menyajikan gagasan dalam bentuk teks yang sesuai sehingga mudah dipahami orang
lain.
Mengingat bahasa Inggris baru secara resmi diajarkan mulai Kelas
IX SMP/MTs, komunikasi yang disajikan di sini adalah komunikasi sehari-hari.
Bagi beberapa daerah yang telah mengajarkan bahasa Inggris mulai dari
kelas-kelas akhir SD/MI, materi yang disajikan perlu diperkaya dengan materi
tambahan yang disesuaikan dengan kemampuan siswa, walaupun struktur
pembelajarannya tetap mengacu pada model yang ada dalam buku ini.
Sebagai bagian dari Kurikulum 2013 yang menekankan pentingnya
keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, kemampuan
berbahasa Inggris dibentuk melalui pembelajaran berkelanjutan. Pembelajaran
model ini dimulai dengan peningkatan kompetensi pengetahuan tentang jenis,
kaidah, dan konteks suatu teks, dilanjutkan dengan kompetensi keterampilan
menyajikan suatu teks tulis dan lisan baik terencana maupun spontan dengan pelafalan
dan intonasi yang tepat. Pembelajaran berkelanjutan ini bermuara pada
pembentukan sikap kesantunan berbahasa. Buku ini menjabarkan usaha minimal yang
harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan
pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak untuk berani
mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya.
Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan
ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkayanya
dengan kreasi dalam berbagai bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang
bersumber dari lingkungan sosial dan alam. Download Buku Siswa DISINI dan Buku Guru DISINI.