Buku Bahasa Indonesia kelas 9 Kurikulum 2013
Ingin Link Grup Whatsapp Anda Disini, Klik Contact Ya
Ingin Nambah Subscribe, Klik Contact Ya
Ingin Nambah Follower IG, Klik Contact Ya
Kurikulum 2013 menyadari peran penting bahasa sebagai wahana untuk menyebarkan pengetahuan
dari seseorang ke orang-orang lain. Penerima
akandapat menyerap pengetahuan yang disebarkan tersebut jika menguasai bahasa yang
dipergunakan dengan baik, demikian juga pengirim.
Ketidaksempurnaan pemahaman
bahasa akan menyebabkan terjadinya distorsi
dalam proses pemahaman terhadap pengetahuan. Apapun yang akan disampaikan pendidik kepada
siswanya hanya akan dapat dipahami dengan baik apabila bahasa yang dipergunakan dapat dipahami
dengan baik oleh kedua
belah pihak. Dalam
Kurikulum 2013 yang dirancang untuk menyongsong model pembelajaran Abad 21, di mana
terdapat pergeseran dari siswa diberitahu menjadi siswa mencaritahu yang melampaui batas
pendidik dan satuan pendidikan,
peran bahasa menjadi sangat sentral. Kurikulum 2013 menempatkan Bahasa Indonesia
sebagai penghela mata pelajaran lain dan karenanya harus berada di depan semua mata pelajaran
lain. Apabila siswa tidak
menguasai mata pelajaran tertentu harus dipastikan bahwa yang tidak dikuasainya adalah substansi
mata pelajaran tersebut, bukan karena kelemahan penguasaan bahasa pengantar
yang dipergunakan.
Sejalan dengan peran di atas, pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs
Kelas IX yang disajikan dalam buku ini disusun dengan berbasis teks, baik lisan maupun tulis, dengan
menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana pengetahuan. Di dalamnya
dijelaskan berbagai cara penyajian pengetahuan dengan berbagai macamjenis
teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan
siswa menangkap makna
yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan gagasan dalam bentuk teks yang sesuai
sehingga memudahkan orang lain memahami gagasan yang ingin disampaikan. Sebagai bagian dari Kurikulum
2013 yang menekankan pentingnya keseimbangan
kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan, kemampuan berbahasa yang dituntut
tersebut dibentuk melalui pembelajaran berkelanjutan: dimulai dengan meningkatkan
kompetensi pengetahuan tentang jenis, kaidah dankonteks suatu teks, dilanjutkan dengan
kompetensi keterampilan menyajikan
suatu teks tulis dan lisan baik terencana maupun spontan, dan bermuara pada pembentukansikap
kesantunan berbahasa dan penghargaan terhadap Bahasa Indonesia sebagaiwarisan budaya
bangsa.
Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang
diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak untuk
berani mencari sumber belajar
lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan
daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat
memperkayanya dengan kreasi
dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan
sosial dan alam. Sebagai
edisi pertama, buku ini sangat terbuka hadap masukan dan akan terus diperbaiki dan
disempurnakan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca untuk memberikan kritik,
saran dan masukan guna perbaikan dan penyempurnaan edisi berikutnya. Atas kontribusi
tersebut, kami ucapkan terima
kasih. Mudah-mudahan kitadapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan
dalam rangkamempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045). Download Buku Siswa DISINI dan Buku Guru DISINI.