x9iXyGPMXQeKKlpX8lac8UjwJ5Wv9XduLyNcwRkJ

Definisi Anak Berkesulitan Belajar

Definisi Anak Berkesulitan Belajar
Definisi Anak Berkesulitan Belajar
Ingin Link Grup Whatsapp Anda Disini, Klik Contact Ya
Ingin Nambah Subscribe, Klik Contact Ya 

Ingin Nambah Follower IG, Klik Contact Ya
Kesulitan belajar adalah kondisi dimana anak dengan kemampuan intelegensi rata-rata atau di atas rata-rata, namun memiliki ketidakmampuan atau kegagalan dalam belajar yang berkaitan dengan hambatan dalam proses persepsi, konseptualisasi, berbahasa, memori, serta pemusatan perhatian, penguasaan diri, dan fungsi integrasi sensori motorik (Clement, dalam Weiner, 2003). Berdasarkan pandangan Clement tersebut maka pengertian kesulitan belajar adalah kondisi yang merupakan sindrom multidimensional yang bermanifestasi sebagai kesulitan belajar spesifik (spesific learning disabilities), hiperaktivitas dan/atau distraktibilitas dan masalah emosional

Public Law (Hallahan dan Kauffman, 1991: 126)
menjelaskan tentang "Specific Learning Disabilities" sebagai gangguan pada satu proses psikologis dasar atau yang lebih terlihat didalam penggunaan bahasa lisan dan tulis dengan wujud seperti ketidaksempurnaan mendengar, memikirkan, membicarakan, membaca, menulis, mengucapkan atau melakukan penghitungan matematis.

Menurut Federal law atau hukum federal (IDEA, 1997):
Istilah “kesulitan belajar spesifik” menerangkan semua anak yang mengalami gangguan pada satu atau lebih proses psikologis dasar yang melibatkan pemahaman atau penggunaan bahasa, lisan atau tulisan dimana gangguan yang terjadi dapat termanifestasikan menjadi kemampuan yang tidak sempurna untuk mendengar, berpikir, berbicara, membaca, menulis, mengeja, atau mengerjakan perhitungan matematika.

Public Law ( 94-142, 1997 ); Delphie, B., ( 2006:27)
mengemukakan bahwa anak berkesulitan belajar (learning diabilities), yaitu anak yang memiliki kesulitan belajar dalam proses psikologis dasar, sehingga menunjukkan hambatan dalam belajar berbicara, mendengarkan, menulis, membaca, dan berhitung, sedangkan mereka ini memiliki potensi kecerdasan yang baik tapi berprestasi rendah, yang bukan disebabkan oleh tunanetra, tunarungu, terbelakang mental, gangguan emosional, gangguan ekonomi, sosial atau budaya)

M. Alisuf Sabri
mengemukakan bahwa kesulitan belajar adalah kesukaran siswa dalam menerima atau menyerap pelajaran disekolah, kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa ini terjadi pada waktu mengikuti pelajaran yang disampaikan atau ditugaskan oleh seorang Guru.
Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disoeders (DSM IV), kesulitan belajar pada anak adalah anak dengan hasil yang dicapai dalam bidang bahasa,membaca, menulis, berhitung, di bawah hasil yang semestinya dapat dicapai sesuai dengan tingkat usia dan akademik atau anak dengan prestasi belajar formal yang rendah.