Definisi Anak Berkesulitan Belajar

Ingin Link Grup Whatsapp Anda Disini, Klik Contact Ya
Ingin Nambah Subscribe, Klik Contact Ya
Ingin Nambah Follower IG, Klik Contact Ya
Kesulitan belajar adalah kondisi dimana anak
dengan kemampuan intelegensi rata-rata atau di atas rata-rata, namun memiliki
ketidakmampuan atau kegagalan dalam belajar yang berkaitan dengan hambatan
dalam proses persepsi, konseptualisasi, berbahasa, memori, serta pemusatan
perhatian, penguasaan diri, dan fungsi integrasi sensori motorik (Clement,
dalam Weiner, 2003). Berdasarkan pandangan Clement tersebut maka pengertian
kesulitan belajar adalah kondisi yang merupakan sindrom multidimensional yang
bermanifestasi sebagai kesulitan belajar spesifik (spesific learning
disabilities), hiperaktivitas dan/atau distraktibilitas dan masalah emosional
Public Law (Hallahan dan Kauffman, 1991: 126)
menjelaskan tentang "Specific Learning Disabilities"
sebagai gangguan pada satu proses psikologis dasar atau yang lebih terlihat
didalam penggunaan bahasa lisan dan tulis dengan wujud seperti
ketidaksempurnaan mendengar, memikirkan, membicarakan, membaca, menulis,
mengucapkan atau melakukan penghitungan matematis.
Menurut Federal law atau hukum federal (IDEA,
1997):
Istilah “kesulitan belajar spesifik”
menerangkan semua anak yang mengalami gangguan pada satu atau lebih proses
psikologis dasar yang melibatkan pemahaman atau penggunaan bahasa, lisan atau
tulisan dimana gangguan yang terjadi dapat termanifestasikan menjadi kemampuan
yang tidak sempurna untuk mendengar, berpikir, berbicara, membaca, menulis,
mengeja, atau mengerjakan perhitungan matematika.
Public Law ( 94-142, 1997 ); Delphie, B., (
2006:27)
mengemukakan bahwa anak berkesulitan belajar
(learning diabilities), yaitu anak yang memiliki kesulitan belajar dalam proses
psikologis dasar, sehingga menunjukkan hambatan dalam belajar berbicara,
mendengarkan, menulis, membaca, dan berhitung, sedangkan mereka ini memiliki
potensi kecerdasan yang baik tapi berprestasi rendah, yang bukan disebabkan
oleh tunanetra, tunarungu, terbelakang mental, gangguan emosional, gangguan
ekonomi, sosial atau budaya)
M. Alisuf Sabri
mengemukakan bahwa kesulitan belajar adalah
kesukaran siswa dalam menerima atau menyerap pelajaran disekolah, kesulitan
belajar yang dihadapi oleh siswa ini terjadi pada waktu mengikuti pelajaran
yang disampaikan atau ditugaskan oleh seorang Guru.
Diagnostic and Statistical Manual of Mental
Disoeders (DSM IV), kesulitan belajar pada anak adalah anak dengan hasil yang
dicapai dalam bidang bahasa,membaca, menulis, berhitung, di bawah hasil yang
semestinya dapat dicapai sesuai dengan tingkat usia dan akademik atau anak
dengan prestasi belajar formal yang rendah.