
Ingin Link Grup Whatsapp Anda Disini, Klik Contact Ya
Ingin Nambah Subscribe, Klik Contact Ya
Ingin Nambah Follower IG, Klik Contact Ya
Istilah strategi berasal dari
kata benda yaitu strategos yang berarti gabungan kata
dari stratos (militer) dan ago (memimpin).
Didalam kamus The American Herritage Dictonary (1976:1273) dikemukakan bahwa “strategy
is the science or art of military command as applied to overall planning and
conduct of large-scale combat operations”. Mintberg dan Waters (1983)
mengemukakan bahwa strategi adalah pola umum tentang keputusan atau tindakan.
Strategi diatas dapat dikemukakan bahwa strategi merupakan suatu pola yang
direncanakan dan ditetapkan secara sengaja untuk melakukan kegiatan atau
tindakan. Strategi yang diterapkan dalam layanan bimbingan dan konseling
disebut strategi layanan bimbingan dan konseling.
KONSELING INDIVIDUAL
Konseling individual adalah
proses belajar melalui hubungan khusus secara pribadi dalam wawancara antara
seorang konselor dengan seorang konseli dalam hal ini disebut siswa. Konseli
mengalami kesukaran pribadi yang tidak dapat ia pecahkan sendiri,
kemudian ia meminta bantuan konselor sebagai petugas yang profesional dalam
jabatannya dengan pengetahuan dan keterampilan psikologi.
KONSULTASI
Konsultasi merupakan salah
satu strategi bimbingan yang penting sebab banyak masalah karena sesuatu hal akan
lebih berhasil jika ditangani secara tidak langsung oleh konselor. Brown dan
teman-temannya telah menegaskan bahwa konsultasi itu bukan konseling atau
psikoterapi sebab konsultasi tidak merupakan layanan yang langsung ditujukan
kepada siswa, tetapi secara tidak langsung melayani siswa melalui bantuan yag
diberikan orang lain.
BIMBINGAN KELOMPOK
Bimbingan kelompok
dimaksudkan untuk mencegah berkembangnya masalah atau kesulitan pada siswa. Isi
kegiatan bimbingan kelompok terdiri atas penyampaian informasi yang berkenaan
dengan pendidikan, pekerjaan, pribadi, dan masalah sosial yang tidak disajikan
dalam bentuk pelajaran.
KONSELING KELOMPOK
Konseling kelompok adalah
suatu upaya bantuan kepada peserta didik dalam suasana kelompok yang bersifat
pencegahan dan penyembuhan, dan diarahkan kepada pemberian kemudahan dalam
rangka perkembangan dan pertumbuhannya. Konseling kelompok adalah suatu proses
antar pribadi yang terpusat pada pemikiran dan perilaku yang sadar dan
melibatkan fungsi-fungsi terapi seperti sifat permisif, orientasi pada
kenyataan, kata saling mempercayai, saling memperlakukan dengan mesra, saling
pengertian, saling menerima dan mendukung. Fungsi-fungsi terapi itu diciptakan
dan dikembangkan dalam suatu kelompok kecil melalui cara saling memperdulikan
diantara para peserta konseling kelompok.
PENGAJARAN REMEDIAL
Pengajaran remedial dapat
didefinisikan sebagai upaya guru untuk menciptakan suatu siuasi yang
memungkinkan individu atau kelompok siswa tertentu lebih mampu mengembangkan
dirinya seoptimal mungkin sehingga dapat memenuhi kriteria keberhasilan minimal
yang diharapkan, dengan melal proses interaksi yang berencana, terorganisasi,
terarah, terkoordinasi, terkonrol dengan lebih memperhatikan taraf
kesesuaiannya terhadap keragaman kondisi objekif individu dan atau kelompok
siswa yang bersangkutan serta daya dukung sarana dan lingkungannya (Abin
Syamsuddin Makmun, 1998:228).