x9iXyGPMXQeKKlpX8lac8UjwJ5Wv9XduLyNcwRkJ

Pendekatan dalam Memahami Perkembangan

Pendekatan dalam Memahami Perkembangan
Ingin Link Grup Whatsapp Anda Disini, Klik Contact Ya
Ingin Nambah Subscribe, Klik Contact Ya 

Ingin Nambah Follower IG, Klik Contact Ya
Pendekatan dalam Memahami Perkembangan
Perkembangan merupakan serangakain perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman dan terdiri atas serangkaain perubahan yang bersifat kualitatif dan kuantitatif (E.B. Harlock).
Perkembangan mengandung makna adanya pemunculan sifat – sifat yang baru, yang berbeda dari sebleumnya (Kasiram, 1983) mengandung arti bahwa perkembangan merupakan perubahan sifat individu menuju penyempurnaan dari sifat – sifat sebelumnya.

Dari pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian perkembangan merupakan perubahan individu ke arah yang  lebih sempurna yang terjadi dari proses terbentuknya individu sampai akhir hayat dan berlangsung secara terus menerus. Para peneliti perkembangan menguji atau meneliti apa perkembangan itu dan mengapa perkembangan itu terjadi.

Ada dua tujuan penelitian perkembangan, yaitu : memberikan gambaran tentang tingkah laku anak dan mengidentifikasi faktor penyebab dan proses yang melahirkan perubahan perilaku dari satu perkembangan ke perkembangan berikutnya.

Memahami perkembangan anak
Upaya membimbing atau mendidik anak/remaja, agar mereka dapat mengembangkan potensi dirinya seoptimal mungkin , maka bagi para pendidik, orang tua, atau siapa saja yang berkepentingan dalam pendidikan anak, perlu dianjurkan untuk memahami perkembangan anak.

Perkembangan itu penting, karena beberapa alasan berikut :
Masa anak merupakan periode perkembangan yang cepat dan terjadinya perubahan dalam banyak aspek perkembangan.

Pengalaman masa kecil mempunyai pengaruh yang kuat terhadap perkembangan berikutnya 

Pengetahuan tentang perkembangan anak dapat membantu mereka mengembangkan diri dan memecahkan masalah yang dihadapinya.

Melalui pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak, dapat diantisipasi tentang berbagai upaya untuk memfasilitasi perkembangan tersebut, baik dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Disamping itu dapat diantisipasi juga, tentang upaya untuk mencegah berbagai kendala atau faktor-faktor yang mungkin akan mengkontaminasi (meracuni) perkembangan anak.

Ada tiga teori atau pendekatan mengenai perkembangan, yaitu pendekatan perkembangan kognitif, belajar atau lingkungan, dan etologis. Selain itu ada juga pendekatan dari imam Al-Ghazali.
Pendekatan perkembangan kognitif yang lebih menekankan tentang pembentukan stuktur kognitif setiap anak.

Pendekatan belajar atau lingkungan yang berakar dari asumsi bahwa tingkah laku anak diperoleh melalui pengkondisin linkungan.

Pendekatan etologi yang merujuk kepada asal – usul biologis tentang tingkah laku sosial.
Pendekatan dari imam Al-Ghazali memandang tabiat yang difitrahkan kepada anak masih dalam perkembangan dan dapat disempurnakan dengan pendidikan yang baik.