
Ingin Link Grup Whatsapp Anda Disini, Klik Contact Ya
Ingin Nambah Subscribe, Klik Contact Ya
Ingin Nambah Follower IG, Klik Contact Ya
Pendekatan
dalam Memahami Perkembangan
Perkembangan
merupakan serangakain perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari
proses kematangan dan pengalaman dan terdiri atas serangkaain perubahan yang
bersifat kualitatif dan kuantitatif (E.B. Harlock).
Perkembangan
mengandung makna adanya pemunculan sifat – sifat yang baru, yang berbeda dari
sebleumnya (Kasiram, 1983) mengandung arti bahwa perkembangan merupakan
perubahan sifat individu menuju penyempurnaan dari sifat – sifat sebelumnya.
Dari
pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian perkembangan
merupakan perubahan individu ke arah yang
lebih sempurna yang terjadi dari proses terbentuknya individu sampai
akhir hayat dan berlangsung secara terus menerus. Para peneliti perkembangan
menguji atau meneliti apa perkembangan itu dan mengapa perkembangan itu
terjadi.
Ada
dua tujuan penelitian perkembangan, yaitu : memberikan gambaran tentang tingkah
laku anak dan mengidentifikasi faktor penyebab dan proses yang melahirkan
perubahan perilaku dari satu perkembangan ke perkembangan berikutnya.
Memahami
perkembangan anak
Upaya membimbing atau mendidik anak/remaja,
agar mereka dapat mengembangkan potensi dirinya seoptimal mungkin , maka bagi
para pendidik, orang tua, atau siapa saja yang berkepentingan dalam pendidikan
anak, perlu dianjurkan untuk memahami perkembangan anak.
Perkembangan itu penting, karena beberapa
alasan berikut :
Masa anak merupakan periode perkembangan yang
cepat dan terjadinya perubahan dalam banyak aspek perkembangan.
Pengalaman masa kecil mempunyai pengaruh yang
kuat terhadap perkembangan berikutnya
Pengetahuan tentang perkembangan anak dapat
membantu mereka mengembangkan diri dan memecahkan masalah yang dihadapinya.
Melalui pemahaman tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi perkembangan anak, dapat diantisipasi tentang berbagai upaya untuk
memfasilitasi perkembangan tersebut, baik dilingkungan keluarga, sekolah dan
masyarakat. Disamping itu dapat diantisipasi juga, tentang upaya untuk mencegah
berbagai kendala atau faktor-faktor yang mungkin akan mengkontaminasi
(meracuni) perkembangan anak.
Ada tiga teori
atau pendekatan mengenai perkembangan, yaitu pendekatan perkembangan kognitif,
belajar atau lingkungan, dan etologis. Selain itu ada juga pendekatan dari imam
Al-Ghazali.
Pendekatan
perkembangan kognitif yang lebih menekankan tentang pembentukan stuktur
kognitif setiap anak.
Pendekatan
belajar atau lingkungan yang berakar dari asumsi bahwa tingkah laku anak
diperoleh melalui pengkondisin linkungan.
Pendekatan
etologi yang merujuk kepada asal – usul biologis tentang tingkah laku sosial.
Pendekatan
dari imam Al-Ghazali memandang tabiat yang difitrahkan kepada anak masih dalam
perkembangan dan dapat disempurnakan dengan pendidikan yang baik.