x9iXyGPMXQeKKlpX8lac8UjwJ5Wv9XduLyNcwRkJ

Sistem Pendukung Pendidikan Inklusi

Sistem Pendukung Pendidikan Inklusi
Ingin Link Grup Whatsapp Anda Disini, Klik Contact Ya
Ingin Nambah Subscribe, Klik Contact Ya 

Ingin Nambah Follower IG, Klik Contact Ya
Sistem Pendukung Pendidikan Inklusi
Resource center adalah lembaga khusus yang dibentuk dalam rangka pengembangan pendidikan khusus/pendidikan inklusif yang dapat dimanfaatkan oleh semua anak, khususnya anak berkebutuhan khusus, orang tua, keluarga, sekolah biasa, sekolah luar biasa, masyarakat, pemerintah, serta pihak lain yang berkepentingan untuk memeperoleh informasi yang seluas-luasnya dan melatih berbagai keterampilan, serta memperoleh berbagai pengetahuan yang berhubungan dengan pendidikan berkebutuhan khusus/pendidikan inklusif. (Wasliman, 2007: 244).

Dalam upaya pengembangan pendidikan inklusif, secara garis besar resource center (pusat sumber) berfungsi sebagai layanan pendukung eksternal. Dengan adanya layanan pendukung eksternal ini, diharapkan upaya pengembangan pendidikan inklusif dapat mencapai hasil yang optimal sesuai dengan paradigma pendidikan inklusif itu sendiri. Tersedianya layanan pendukung merupakan faktor yang sangat penting bagi keberhasilan pengembangan pendidikan inklusif. Untuk menjamin agar layanan pendukung eksternal tersedia dengan baik, maka resource center harus dapat memainkan fungsi dan peran sebaik mungkin.

Fungsi Resource Center
Berinisiatif dan aktif melaksanakan pendidikan kebutuhan khusus/pendidikan inklusif.
Memberikan dukungan kapada sekolah-sekolah (sekolah reguler dan sekolah luar biasa) dalam pelaksanaan pendidikan inklusif.
Sebagai pusat informasi dan inovasi di bidang pendidikan khusus/pendidikan inklusif.
Sebagai homebase guru pembimbing khusus.
Sebagai koordinator dalam pelayanan pendidikan inklusif.
Berkolaborasi dengan pihak lain dalam upaya meningkatkan implementasi pendidikan inklusi

Peran Resouce Center
Memberikan informasi/penerangan kepada sekolah-sekolah (sekolah reguler dan SLB) mengenai pendidikan inklusif.
Memberikan layanan dan bimbingan kependidikan bagi anak berkebutuhan khusus.
Menjadi konsultan bagi semua pihak yang membutuhkan informasi, layanan, bimbingan, dan penanganana khusus.
Melakukan penanganan layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.
Merencanakan dan menyelenggarakan pelatihan bagi guru sekolah reguler dan gurur SLB serta pihak lain yang membutuhkan pelatihan mengenai pendidikan inklusif dan atau pendidikan kabutuhan khusus.
Menyediakan benatuan kepada berbagai pihak untuk meningkatkan layanan kepada anak/siswa termasuk mereka yang berkebutuhan khusus.

Saat ini ada sejumlah sekolah reguler yang menerima dan melayani pendidikan untuk anak-anak berkebutuhan khusus yang disebut sebagai sekolah inklusi. Dalam prakteknya sekolah inklusi memiliki beberapa permasalahan, seperti permasalahan teknis dalam layanan pembelajaran. Maka dari itu diperlukan setidaknya satu institusi sebagai Resource Center disuatu wilayah atau lingkungan yang memiliki sekolah inklusi.